Pendahuluan

Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) sebagai salah satu bagian/unit kerja yang relatif masih baru, karena keberadaannya baru dimulai pada awal tahun 2013. BAPSI memiliki cakupan tugas bidang Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi yang berada dalam kedudukan sebagai terminal data dan informasi di tingkat institusi.
Sebagai suatu terminal data di tingkat institusi, proses penyusunan perencanaan merupakan tindakan manajerial utama serta proses evaluasi guna melandasi keputusan pimpinan. Oleh karena itu BAPSI memiliki kewajiban menyajikan data/ informasi secara akurat, tepat waktu dan memiliki validitas yang memadai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedudukan dan peran BAPSI dalam proses pengambilan keputusan di tingkat institusi adalah sangat penting dan strategis.

Disisi lain, kinerja BAPSI sangat tergantung dari efektivitas aliran data dari Program Studi, Lembaga/ UPT dan unit lain, yang termasuk dalam jaringan sistem informasi yang ada. Untuk itu maka standar layanan yang ditetapkan oleh Bagian Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi harus disosialisasikan dan diketahui oleh para calon pengguna/ pemakai. Pelaksanakan tugas dan fungsinya, BAPSI memiliki dua bagian yaitu (a) bagian Perencanaan, (b) bagian Sistem Informasi.

Visi

“Menjadi Biro yang kreatif dan inovatif dibidang administrasi perencanaan dan pusat layanan informasi terintegrasi berbasis teknologi informasi yang unggul ditahun 2016”

Misi

  1. Melaksanakan administrasi perencanaan Penerimaan Mahasiswa Baru secara terpadu.
  2. Melaksanakan administrasi perencanaan pengembangan sarana dan prasarana terpadu.
  3. Meningkatkan kualitas output administrasi sistem perencanaan terpadu dibidang kerjasama sesuai dengan visi dan misi Universitas Wiraraja.
  4. Melaksanakan pengembangan sistem informasi yang terintegrasi.
  5. Melaksanakan administrasi penyusunan evaluasi pelaksanaan program kerja Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.

Tujuan

  • Tersusunnya administrasi perencanaan Penerimaan Mahasiswa Baru terpadu.
  • Terwujudnya administrasi perencanaan pengembangan sarana dan prasarana terpadu.
  • Tercapainya kualitas output administrasi sistem perencanaan terpadu dibidang kerjasama sesuai dengan visi dan misi Universitas Wiraraja.
  • Terintegrasinya data/ informasi yang akurat, cepat, dan valid.
  • Tersusunnya evaluasi pelaksanaan program kerja Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.

Sasaran

  • Meningkatnya administrasi perencanaan Penerimaan Mahasiswa Baru secara terpadu.
  • Meningkatnya administrasi perencanaan pengembangan sarana dan prasarana terpadu.
  • Meningkatnya kualitas output administrasi sistem perencanaan terpadu dibidang kerjasama sesuai dengan visi dan misi Universitas Wiraraja.
  • Meningkatnya kualitas data/ informasi yang akurat, cepat, dan valid secara terintegrasi.
  • Terpenuhinya indikator kinerja sesuai dengan evaluasi pelaksanaan program kerja Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.